Selasa, 18 Januari 2011

8 Cara Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang bisa terjadi pada semua usia. Gigi seperti itu bisa dicegah bila tahu caranya. Paling tidak, terdapat 8 cara mencegah gigi berlubang, antara lain:
1.      Periksa gigi rutin enam bulan sekali
Kendati tidak ada keluhan, sebaiknya rutin periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Saat pemeriksaan, akan dilakukan perawatan gigi, termasuk pembersihan karang gigi. Bila saat pemeriksaan diketahui ada gangguan, sekalipun masih ringan, bisa segera diatasi.

2.      Sikat gigi yang benar
Saat menyikat gigi, gerakan sikat gigi harus benar, tidak boleh sembarangan. Untuk gigi atas, gerakan sikat gigi dari atas ke bawah. Untuk gigi bawah, dari bawah ke atas. Sedangkan gigi geraham, mendatar selama mungkin karena ditempat itu biasanya banyak menempel sisa-sisa makanan.

3.      Sikat gigi tepat waktu
Menyikat gigi harus tepat waktu. Pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Dua kali gosok gigi sehari sudah cukup. Jadi, tidak harus selalu gosok gigi sehabis makan.

4.      Kumur setelah makan
Setelah makan sebaiknya kumur-kumur beberapa kali menggunakan air putih. Tujuannya, agar sisa-sisa makanan yang menempel di gigi bisa keluar.

5.      Memakai benang gigi
Bila setelah makan ada yang merasa menyelip, bersihkan menggunakan benang gigi. Hindari menggunakan tusuk gigi. Tusuk gigi, disamping bisa membuat gusi luka, juga menyebabkan celah antara kedua gigi semakin renggang. Hal itu justru membuat sisa-sisa makanan menyelip di antara gigi.

6.      Memakai pasta gigi
Gunakan pasta gigi yang cocok, pilih pasta gigi untuk gigi sensitive bila gigi Anda tergolong demikian.

7.      Perbanyak makanan berserat
Perbanyak mengonsumsi makanan berserat, seperti buah dan sayur-sayuran segar. Makanan seperti itu terbukti mampu menjaga kesehatan gigi.

8.      Kurangi makanan mengandung tepung dan gula
Kurangi mengonsumsi makanan banyak mengandung tepung dan gula. Kedua jenis makanan itu merangsang terjadinya gigi berlubang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar