TIDAK semua makanan membuat tubuh Anda ’membengkak’. Beberapa jenis makanan justru bisa membakar lemak dalam tubuh sehingga membuat diet Anda menjadi lebih mudah. Contohnya enam jenis bahan makanan dan minuman ini:

1. Air

Minum delapan gelas air putih yang sudah didinginkan hingga 4,5°C dalam sehari akan membakar 200 kalori, setara dengan lari 4,8 km. Air es akan membakar kalori lebih banyak dari air biasa. Hal itu karena metabolisme tubuh meningkat untuk mengubah suhu air agar sesuai dengan suhu tubuh. Namun, hindari pengkonsumsian air es ketika makan, karena akan mencairkan enzim pencernaan. Sebagai gantinya, pilih air bersuhu ruangan.

2. Teh hijau

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan ekstrak cannotic dan asam gymnemic dalam teh hijau bermanfaat untuk mengurangi penyerapan gula ke dalam darah  dan  mengurangi  ke-inginan untuk mengkonsumsi makanan manis. Selain itu, teh hijau juga membuat makanan bergerak  lebih  cepat  melalui  sistem pencernaan,   mempercepat   metabolisme, dan membakar kalori lebih banyak.  Untuk  hasil  maksimal, minum teh hijau sebelum makan.

3. Lemon  dan cuka.

Sedikit asupan lemon atau cuka (sebanyak 1 sdt) sudah cukup untuk memperlambat rasa lapar, karena  akan   memperlambat proses pencernaan zat tepung. Coba juga minum air putih dengan lemon di pagi hari untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.

4. Seledri

Seledri juga sering digunakan untuk menenangkan saraf. Karena itu, sediakan seledri segar untuk kudapan ketika stres. Selain itu, seledri juga mampu meluruhkan emak dalam sistem pencernaan

5.Cabai.

Segala jenis cabai, bahkan, yang berbentuk bubuk sekalipun, mengandung capsaicin, yang dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga akan membakar kalori.

6. Jahe.

Jahe dapat meningkatkan metabolisme dan membakar kalori, karena jaringan tubuh harus mengeluarkan enerji ekstra hingga 20% untuk mengolahnya. Jahe juga meningkatkan suhu tubuh, sehingga menstimulasi mekanisme pembakaran lemak dalam tubuh.

Sumber: http://putrialthafunnisa.wordpress.com