Rabu, 17 November 2010

Pandai Memilih Madu Murni

Madu memang memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi. Madu juga merupakan salah satu media untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Karena gunannya yang sangat banyak, banyak pedagang yang memalsukan madu.


Dengan harga yang lebih murah, siap-siap saja kita mendapatkan madu aspal (asli tapi palsu). Jika anda tidak bisa membedakan madu secara rinci dan akurat anda akan menyesal. Berikut trik memilih madu asli.

1. Kental, Rasanya Manis : Tingkat kekentalan madu tergantung pada kadar air dalam madu. Menurut FAO (organisasi pangan PBB ), kandungan air dalam madu yang bagus maximum 20 persen. Madu murni juga tidak berbusa dan rasanya manis. Jika asam, madu tersebut terlalu lama dibiarkan di wadah terbuka dan mengalami fermentasi.

2. Tidak Mudah Tembus : Madu murni selain memiliki kekentalan yang tinggi, juga memiliki kandungan air yang sedikit. Saat diteteskan diatas koran, madu tidak mudah tembus.

3. Menggelembung Jika Dipanaskan : Madu murni akan mengeluarkan gelembung saat dipanaskan. Berbeda dengan gula yang berbusa seperti air mendidih jika dipanaskan.


4. Tidak Mudah Mengering : Madu murni yang anda beli tidak mudah mengering. Untuk memastikannya, oleskan sedikit madu pada tangan, lalu jemur di terik matahari, madu murni tidak akan mengering. 

Sumber: http://www.whatzups.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar