Rabu, 17 November 2010

Waspada Kanker, 10 Tips Cegah Kanker Sebelum Terlambat!

Entah mengapa semakin banyak orang diidentifikasikan positif mengidap kanker. Walau sebelumnya tidak memiliki sejarah medis mengenai penyakit tersebut, kita tentu harus berhati-hati agar tidak tejangkit penyakit berbahaya ini.

Berdasarkan penetilian dari Institut Kanker Nasional USA, 30% kasus kanker disebabkan oleh rokok dan 30-50% kasus disebabkan oleh makanan. Mungkin, hal inilah yang membuka mata kita. Pola hidup perkotaan yang semrawut dengan menu makanan tidak sehat dan tingkat stress yang tinggi serta polusi udara, bisa saja memicu penyakit ini. Bila kita tidak waspada dari sekarang, kemungkinan beberapa dari kita merupakan calon pembawa KANKER!!

Sedikit susah-susah gampang, sebaiknya kita memulainya sejak sekarang. Berikut tips dari whatzups.com

1. Makan buah dan sayur lebih banyak dari biasanya.
Buah dan sayur tidak hanya baik untuk sumber nutrisi dan vitamin saja. Namun, kandungan uniknya bisa membantu tubuh membentuk imun mencegah sel kanker berkembang. Karotenoid atau pigmen yang biasa ditemukan pada sayuran dan buah berwarna hijau. Sedangkan Betakaroten yang ditemukan pada sayuran berwarna hijau tua dan jingga membantu mencegah kanker paru-paru, kanker ginjal, kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker pangkal tenggorok dan kanker payudara. Sedangkan Vitamin C sebagai antioksida yang baik untuk kanker perut.

2. Makan makanan berserat
Fiber atau serat pada makanan dapat membantu mencegah kanker payudara. Ternyata kandungan serat dapat mengikat hormon estrogen dan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar estrogen yang beresiko kanker payudara. Serat dapat ditemui dibanyak sayur dan buah serta polong dan kacang, lentil juga makanan pokok seperti beras dan gandum yang diproses minimal (whole grain).


3. Kurangi makanan berlemak
Tradisi makanan Indonesia kebanyakan mengandung lemak atau santan. Padahal, Institut Kanker Nasional USA menyarankan pembatasan konsumsi lemak. Sebaiknya mengkonsumsi 10-15% saja.

4. No Alkohol dan Rokok
Gemar minum minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko kanker payudara, kanker mulut, kanker faring (phrynx, saluran antara rongga hidung, mulut dan tenggorokan), dan kanker tenggorokan. Dan Rokok bisa meningkatkan resiko kanker paru-paru, mulut dan lainnya. Kurangi dari sekarang sebelum terlambat.

5. Hindari makanan bersuhu tinggi
Ternyata sering menkonsumsi makanan yang diolah bersuhu tinggi dan lama, dapat memunculkan zat berssifat karsinogenik atau resiko kanker. Biasanya ditemukan pada makanan kaleng, daging asap, daging bakar, atau lainnya. Untuk lebih aman masak makanan dengan cara dikukus atau direbus. 

6. Kurangi cemilan
Kalau anda pecandu cemilan, lebih baik anda berhati-hati. Kue, permen atau dessert penggoda yang biasa anda makan terbuat dari lemak tak
jenuh. Belum lagi, keripik kentang atau chips ternyata diteliti dapat merangsang terbentuknya senyawa pemicu kanker bernama akrilamida. Senyawa pada makanan ringan tersebut lebih banyak ditemukan dibanding makanan gorengan lain seperti daging, ikan dan roti goreng. 

7. Konsumsi kedelai
Selain rahasia kemulusan kulit Cleopatra, ternyata kedelai mampu menurunkan resiko terjadinya kanker payudara dan prostat. Kandungan fitoestrogennya, genistein dan daidzein, merupakan paduan hebat yang mencegah terjadinya perkembangbiakan sel kanker pada tubuh kita.

8. Pemanis buatan
Jangan mudah terjebak dengan rayuan iklan mengenai no sugar adding. Belum tentu pemanis yang digunakan adalah pemanis alami yang baik untuk tubuh. Apalagi, biasanya beberapa produk tertentu menggunakan pemanis biang yang sangat jahat untuk tubuh. Bila anda rutin mengkonsumsinya, anda kemungkinan besar terserang resiko kanker.

9. Jaga Kebersihan!
Kebersihan bukan hanya pada diri kita sendiri. Tapi, pada segala asupan yang masuk kedalam tubuh kita. Bila kita jorok dan sering jajan diluar, kemungkinan zat cemaran lebih banyak dibanding bekal yang kita buat dirumah. Selain irit kita bisa hidup lebih sehat dan higienis bukan?.

10. Cermati hidup sehat
Walau anda membatasi makanan untuk mencegah kanker tapi pola hidup anda belum sehat, sama saja bohong. Kegiatan fisik seperti olahraga rutin disertai kesehatan mental dan rohani merupakan gabungan baik untuk anda mencegah penyakit ini. Bila anda sibuk, anda bisa mencuri olahraga kecil seperti naik tangga bukan lift, atau jalan kaki dibanding naik mobil ke gedung sebelah. 

Sumber: http://www.whatzups.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar